Unggas Petelur Pedaging Dwiguna

Sebutkan unggas petelur, pedaging, dwiguna meliputi ciri-ciri fisik dan sifatnya?

Unggas secara umum dapat diartikan sebagai ternak bersayap, yang dalam taksonomi zoologinya termasuk golongan kelas Aves. Jenis unggas cukup banyak, di antaranya adalah ayam, itik, kalkun, puyuh, merpati, dan angsa. Secara taksonomi zoology bangsa burung bisa digolongkan sebagai unggas, tetapi sampai saat ini yang tercantum dalam undang-undang pokok kehewanan, bangsa burung masih belum digolongkan ternak unggas. Di dalam undang-undang tersebut bahwa yang dimaksud sebagai unggas adalah ternak bersayap yang sudah lazim di pelihara oleh masyarakat. Tidak menutup kemungkinan bangsa burung masuk dalam jenis unggas karena burung secara taksonomi zoology juga termasuk ke dalam kelas Aves, selain itu burung juga mempunyai ciri-ciri seperti unggas (Anonim, 2009)

Unggas adalah hewan kelas aves yang telah didomestikasikan yang mampu memberikan nilai ekonomis dalam bentuk barang atau jasa untuk kesejahteraan manusia serta perkembangbiakannya dikelola oleh manusia (Riyadi. 2009).

Hewan yang termasuk dalam golongan unggas adalah ayam, bebek, menthog dan burung. Secara taksonomi zoology bangsa burung bisa digolongkan sebagai unggas, tetapi sampai saat ini yang tercantum dalam undang-undang pokok kehewanan, bangsa burung masih belum digolongkan ternak unggas. Di dalam undang-undang tersebut bahwa yang dimaksud sebagai unggas adalah ternak bersayap yang sudah lazim di pelihara oleh masyarakat. Tidak menutup kemungkinan bangsa burung masuk dalam jenis unggas karena burung secara taksonomi zoology juga termasuk ke dalam kelas Aves, selain itu burung juga mempunyai ciri-ciri seperti unggas.

Berdasarkan kemanfaatannya sebagai ternak produktif, ungas dapat dibagi menjadi 3, yaitu:
  1. Unggas Petelur
  2. Unggas Pedaging
  3. Unggas Dwiguna (Petelur dan Pedaging)
  4. Unggas Hias
  5. Unggas Petelur
Unggas petelur adalah unggas yang sangat baik dalam hal menghasilkan telur. Cotohnya adalah seperti:
  • Ayam
• Ayam Leghorn
Ayam Leghorn merupakan ayam petelur yang dapat menhasilkan telur yang banyak dan berkualitas.
Asal: Italia
Ciri-ciri: Bentuk tubuh ramping. Paruh, kulit, dan kaki berwarna kuning, bentuk jengger tunggal dengan 5 buah gerigi (comb rose). Ekor mencuat membentuk sudut 40°. Bobot ayam dewasa ♂ 2,7-2,9 kg dan ♀ 2,0-2,5 kg. Produksi 280-300 butir/ekor/tahun. Ayam ini tehan terhadap panas dan ccocok diternakkan di daerah tropis (Yuwanta, Tri. 2009).

• Ayam Arab
Asal: Belgia
Ayam arab termasuk ayam buras petelur. Bulu badannya tebal dengan warna bulu variasi dari leher sampai kepala putih sedikit bertotol-totol hitam. Sedangkan dari badan sampai ekor bertotol- hitam dengan garis-garis agak hitam.
Ciri-ciri: Tinggi ♂ 35 cm dan ♀ 25 cm. Berjengger gerigi tipis. Badan berbulu lebat. Tidak mempunyai sifat mengeram. Frekuensi bertelur sepanjang waktu. Mulai berproduksi pada umur 4,5-5,5 bulan. Produksi telur dapat mencapai 225 butir/ekor/tahun (Kholis. 2009).

• Ayam Australorp
Asal: Autralia
Ciri-ciri: Berat ♂ 3,6 kg dan ♀ 2,7 kg. Ukurannya termasuk dalam medium size. Kulitberwarna putih. Berbulu hitam. Mata berwarna gelap. Cangkang telur coklat. Produksi telur 364 butir/ekor/tahun.

• Lohman Brown
Berat tubuh strain Lohman brown pada umur 20 minggu sekitar 1,6-1,7kg dan pada akhir produksi sekitar 1,9-2,1kg. Strain ini cukup cepat mencapai dewasa kelamin, yaitu 50% produksi dicapai pada umur 140-150 hari. Produksi telur tinggi, yaitu sekitar 305 butir pertahun. Berat telur rata-rata 63,5-64,5g. Konsumsi pakan sampai umur 20 minggu sekitar 7,4-7,8kg dan pada saat produksi sekitar 110-120g/ekor/hari dengan konversi ransum sekitar 2,1-2,2kg/kg egg mass.

• CP 909
Bulu ayam strain CP909 berwarna coklat kemerahan. Berat tubuh saat awal produksi(50% HDP) sekitar 1.550g dan pada saat akhir produksi 1.900-2.050g. Produksi telurnya mencapai 300-305 butir pertahun. Berat telur sekitar 60g. Konsumsi ransum pada saat produksi 110-120 g/ekor/hari dengan konversi pakan 2,1-2,2kg pakan/kg eggmass.

• Soper Harco
Bulu super harco berwarna hitam dengan hiasan merah. Kulit telur berwarna coklat. Jengger, pial, dan kulit muka berwarna merah. Produksi telurnya tinggi, 300 butir pertahun. Telur berukuran besar dengan kulit yang tebal. Kuning telur berwarna merah teran. Pada saat berumur 1-7 hari, ayam jantan dan betina dapat dibedakan dari warna bulunya. Ayam jantan berwarna hitam dengan bintik putih dibagian kepala, sedangkan ayam betina berwarna hitam polos. Ayam jantan dewasa bulunya berwarna hitam bintik-bintik putih, sedangkan yang betina berwarna hitam kecoklatan.

• Babcock
Produksi telur strain babcock tinggi (300 butir/tahun). Telur berukuran besar dengan kulit yang tebal berwarna coklat. Kuning telur berwarna merah terang. Ayam jantan berwarna putih dengan noda merah, sedangkan ayam betina berwarna merah.

• Isa Brown
Produksi telur strain isa brown tinggi, yaitu 300butir/ tahun. Kulit telurnya berwarna coklat dengan ukuran besar, yaitu dapat mencapai berat sekitar 60g. Ayam betina dewasa dapat mencapai berat sekitar 2,3-3,0kg. Bulu ayam jantan berwarna merah dengan hiasan berwarna kuning, sedangkan ayam betina berwarna merah.

  • Itik
• Itik Indian Runner
Asal: Indonesia
Ciri-ciri: Kepala kecil, leher agak panjang. Paruh agak tipis dan pipih. Badan kuat, berbentuk bulat panjang, berdiri tegak lurus ke atas seperti botol bir. Warna tubuh bervariasi, kebanyakan berwarna coklat muda tetapi ada pula yang abu-abu, kehitaman, putih, kekuning-kuningan. Jarang yang berwana hitam sepenuhnya. Warna kaki kuning, hitam, atau kemerah-merahan. Berat rata-rata ♂ 2, 5 dan ♀ 2 kg. Produksi telur 200-250 butir/ekor/tahun. Dengan berat rata-rata 70 gram/butir (Nugroho. 1992).

Itik Jawa
Asal: Indonesia
Ciri-ciri: Tubuh dalam keadaan berdiri tegak tampak langsing dan menyerupai botol. Leher panjang, bulat kecil seperti rotan. Ukuran kepala dengan warna jernih. Paruh kuning tua/coklat menyerupai tanduk sapi. Kaki tegak. Warna bulu bermacam-macam (warna bulu yang jantan lebih gelap dari betina). Produksi telur 250-300 butir/ekor/tahun (Mahiyanto. 1996).

• Itik Alabio
Asal: Kalimantan, Indonesia
Ciri-ciri: Dalam posisi berdiri bentuk badan menyerupai botol. Jalannya agak membungkuk. Leher bulat agak pendek. Kepala tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil. Warna bulu kuning keabu-abuan, dengan ujung bulu-bulu pada sayap, dada, leher, dan kepala berwarna hitam. Kaki dan paruhnya berkulit dengan warna agak kekuningan. Suara penjantan lebih keras daripada betina. Produksi telur: 150-225 butir/ekor/atahun (Mahiyanto. 1996).

• Itik Khaki Campbell
Ciri-ciri: Leher sedikit panjang dan hampir tegak. Bulu berwarna khaki (seperti warna pakaian tentara Inggris/hansip). Produksi telur 280 butir/ekor/tahun.

• Itik Tegal
Itik tegal merupakan itik Indian runner dari jenis itik jawa (Anas javanivus). Dinamakan itik tegal karena berkembang dan banyak dipelihara di Tegal. Itik tegal ini tergolong sebagai itik tipe petelur produktif. Karakteristik itik tegal yakni berbadan langsing dengan postur tubuh tegak. Tinggi badannya antara 45-50 cm. Bulu kebanyakan berwarna merah tua atau coklat yang di Tegal di sebut sebagai warna “jarakan”. Akan tetapi, yang dinilai sangat produktif adalah itik tegal yang berbulu “branjangan”, yaitu warna bulu bertotol-totol cokelat. Selain itu ada juga yang berwarna putih bersih, putih kekuning-kuningan, abu-abu hitam, atau warna campurannya.

Itik ini tidak mempunyai sifat mengerami telurnya. Mempunyai daya tahan tinggi dan dapat berjalan jauh. Ciri khusus itik ini adalah tubuhnya tegal lurus menyerupai botol.

  • Puyuh
Puyuh merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang, ukuran tubuh relatif kecil dan berkaki pendek. Burung puyuh disebut juga Gemak (Bhs. Jawa-Indonesia). Bahasa asingnya disebut “Quail”, merupakan bangsa burung (liar) yang pertama kali diternakkan di Amerika Serikat, tahun 1870. Dan terus dikembangkan ke penjuru dunia. Sedangkan di Indonesia puyuh mulai dikenal, dan diternak semenjak akhir tahun 1979.

b. Unggas Pedaging
  • Ayam
• Ayam Cornish
Asal: Inggris
Ciri-ciri: berat tubuh jantan 4-4.5 kg, betina 3-3.5 kg. Badan relatife besar. Warna kulit, kaki, dan jari kuning. Badan tertutup bulu yang kompak dengan daging baik pada dada maupun paha. Bentuk tubuh besar dan dalam. Varietas: Dark Cornish, Silver Cornish, White Cornish, Bufff Cornish (Yuwanta. 2004).

• Ayam Orpington
Asal: inggris
Ciri-ciri: tubuh besar dengan bentuk panjang, dalam dan bulat. Daa penuh. Tulang pendek. Bulu longgar. Jengger single comb. Warna kulit putih. Telurnya kecil. Berat jantan 4,5 kg dan betina 3,6 kg. Jinak dan tidak agresif. Varietas yang terkenal dari jenis ini yaitu: Ayam Buff, White, Black, dan Blue Orpington (Agung. 2007).

• Ayam Trondol
Asal: Indonesia
Ciri-ciri: Pertumbuhan bulunya tidak sempurna. Ukuran tubuhnya sama dengan ayam Sumatra. Bobot 2-2.5 kg/ekor. Perkembangannya pesat. Nafsu makan besar. Cocok dipelihara sebagai ayam pedaging karena dalam 50-57 hari bobot tubuh mencapai1 kg (Wibowo. 1996).
Itik

• Itik Peking
Ciri-ciri: ulu berwarna putih. Kepala besar dan bundar. Paruh lebar, pendek dan ujungnya berwarna kuning/putih. Leher gemuk, pendek dan tegak Dada besar dan membusung. Kaki pendek berwarna kekuningan hingga oranye kemerahan. Kuku kakinya berwarna putih. Telur berwarna putih kotor. Standar berat badan dewasa ♂ 4,086 kg dan ♀ 3,632 kg; muda ♂ 3,632 kg dan ♀ 3,178 (Anonim 2, 2009)

• Itik Rouen
Ciri-ciri: Bulu berwarna variasi (putih hitam, coklat putih, dll). Buluitik jantan berwarna hijau kebiruan, agak abu-abu dan pada lehernya ada lingkaran bulu putih seperti cincin. Bulu itik betina berwarna coklat, coklat tua. Kulit telur berwarna kebiru-biruan, hampir putih. Paruh agak panjang, warna paruh bagian atas kuning kehijauan dan paruh bagian bawah berwarna hijau tua atau hitam kebiruan. Kaki pendek. Standar berat badan dewasa ♂ 4,086 kg kg dan ♀ 3, 178 kg; muda ♂ 3,632 dan ♀ 3,178 kg (Anonim 2. 2009).

• Itik Aylesbury
Ciri-ciri: Kepala besar. Leher panjang dan langsing. Paruh panjang dan lurus seperti warna daging. Tubuh hampir horizontal. Punggung mendatar. Kaki warna oranye mengkilat. Bulu berwarna putih. Standar berat badan dewasa ♂ 4,086 kg dan ♀ 3,632 kg; muda ♂ 3,632 kg dan ♀ 3,178 kg (Anonim 2. 2009).

• Cayuga
Ciri-ciri: Bulu wana hitam kehijauan. Paruh warna hitam. Kaki berwarna sangat hitam. Kulit telur warna hitam. Besar telur sama dengan telur ayam. Standar berat badan dewasa ♂ 3,632 kg dan ♀ 3,178 kg; muda ♂ 3,178 kg dan ♀ 2,275 kg (Anonim 2. 2009).

• Muscovy Duck (Anas moschata)
Dikenal dengan nama lain Pato (di brazilia), entok, itik manila.
Ciri-ciri: Kepala besar dan kasar. Ada bulu di atas kepala. Di atas pangkal paruh terdapat daging tumbuh. Kaki pendek. Sayap panjang dan kuat (untuk keperluan terbang). Bulu berwarna campuran, putih, biru. Dapat berdiri tegak bila diusik/di serang. Kedua bagian sebelah menyebelah dari kepala ditutupi caruncula berwarna merah terang (seperti kalkun) Standar berat badan dewasa ♂ 4,540 kg dan ♀ 3,178 kg; muda ♂ 3,632 dan ♀ 2,274 (Anonim 2. 2009).

• Angsa
Asal: Eropa, Canada, Australia, Tiongkok, Afrika
Ciri-ciri: Badan besar dan bulat. Berat badan dewasa sekitar 8 kg. Kedudukan badan hampir datar. Leher penjang (hampir dua kali panjang bedannya), kedudukan leher tegak. Warna paruh dan kaki umumnya merah kekuningan.
Warna bulu:
Angsa Eropa : Putih
Angsa Afrika : Variasi hitam, coklat dan putih
Angsa Tiongkok : Putih
Angsa Tiongkok : Putih
Angsa Australia : Hitam
Angsa Canada : Putih berpunggung coklat
Produksi telur rendah, type pedaging dan ternak hias (Nugroho. 1992).

  • Merpati
• Merpati Hummer King (The King)
Ciri-ciri:
Daging bagian dada tebal. Standar beat badan 742,82-857,10 gram (dewasa) dan 685,68-799,96 gram (muda). Pasangan merpati yang baik dapat menghasilkan 12-15 ekor merpati muda potong/tahun. Berat potong 457,12-685,68 gram. Varietas: biru, merah, kuning, dll. Juga penghasil telur yang cukup banyak (Anonim 2. 2009).

• Merpati Frech Mondain
Ciri-ciri: Warna putih (merpati potong). Tubuh besar, tebal, padat. Dada lebar, kompak membusung. Standar berat badan dewasa ♂ 28-32 ons dan ♀ 26-30 ons; muda ♂ 26-30 ons dan muda ♂ 26-30 ons dan ♀ 25-28 ons (Anonim 2. 2009).

• Merpati Swiss Mondain
Bansa burung merpati swiss Mondain dikembangkan di Amerika dan merupakan hasil persilangan berbagai bangsa merpati termasuk “The White Runt” dan dari “The Continental Mondains”. Namun titidak ada turunan dari bangsa merpati liar atau darah merpati murni atau alami.
Bangsa ini popular sebagai penghasil merpati muda potong dengan ciri-ciri: Berat minimum 32 ons (jantan dewasa), 30 ons (betina dewasa) 28 ons (remaja jantan dan betina). Berat maksimum tidak tercatat. Tubuh besar. Badan lebar. Badan lebih panjang dari burung merpati The King. Varietas: Putih (Anonim 2. 2009).

c. Unggas Dwiguna (Petelur dan Pedaging)
  • Ayam
• Ayam Sussex
Asal: Inggris
Ciri-ciri: Berat ♂ 4kg dan ♀ 3 kg. Kulit putih. Bentuk tubuh rectagular. Cangkang telurnya coklat. Sifatnya atraktif dan nafsu makannya baik.

• Ayam New Hampshire
Asal inggris
Ciri-ciri: Berat tubuh ♂ 3,6-3,8 kg dan ♀ 2,7-2,9 kg. Warna kulit kuning. Warna cangkang telurnya coklat. Bulu tumbuh cepat. Bulu lebih terang dibandingkan Rhode Island Red. Bulu utama coklat dengan bulu penutup ekor hitam dan ujung merah. Paruh berwarna merah tanduk. Shank dan kuku berwarna kemerah-merahan. Cepat dewasa, Telur besar. Kulit kuning. Jengger tunggal dengan lima gerigi. Ayam ini bila dikawinkan dengan ayam cornish akan menghasilkan ayam broiler (Agung. 2007).

• Ayam Rhode Island Red
Dikembangkan di Inggris
Hasil persilangan antara Red Malay Games dan Shanghai merah terus disilangkan dengan Brown Leghorn, Cornish, Wyandotte dan Brahma. Ciri-ciri: Bulu berawana merah coklat. Kerabang telur berwarna coklat. Cuping telinga berwarna merah, shank dan kuku berwarna kuning. Ekor dan sayap agak gelap. Berat jantan 4 kg, betina 2,5-3,o kg. Konsumsi pakan cukup tinggi (165 gram/ekor/hari). Varietas ayam Rhode Island Red (RIR) ini yang terkenal adalah Singgle Comb Rhode Island Red (SCRIR) (Agung. 2007).

• Ayam Nunukan
Adalah ayam lokal (buras) yang berkembang di pulau tarakan kalimantan Timur dan diduga berasal dari Cina. Ciri-ciri: Warna bulu merah cerah atau merah kekuningan. Bulu sayap dan ekor tidak berkembang sempurna. Paruh dan kaki berwarna kuning atau putih kekuningan. Jengger dan pial merah cerah. Anak berumur 45 hari cenderung berbulu kapas. Berat badan ayam jantan dewasa 3,4-4,2 kg dan betina 1,6-1,9 kg. Produksi telur 120-130 butir per tahun dengan bobot 40-60 gr/butir.

• Ayam Sentul
Termasuk ayam buras. Asal: Ciamis, Jawa Barat.
Ciri-ciri: Baik jantan maupun betina warnanya didominasi warna abu-abu yang bervariasi (kehitaman, abu-abu tua, abu-abu muda). Jengger bervariasi, yaitu tunggal dan pea comb. Produksi telur 65 butir/ekor/12 minggu dengan bobot telur 40,1 per butir. Cocok dikembangkan untuk petelur dan pedaging (Sarwono. 2005).

• Ayam Sumatera
Ayam Sumatra merupakan ayam petelur dengan telur putih atau berwarna, tetapi dapat juga sebagai unggas pedaging.
Karakteristik ayam Sumatera yaitu: bulu hitam, berkilau kehijauan. Jengger kecil, pial tipis atau tak berpial, mata besar kecoklatan, kulit wajah berwarna kehitaman. Kaki hitam mengkilap, dan ayam jantan sering memiliki taji pada masing-masing kakinya. Kedua ayam jantan dan betina memiliki ekor yang panjang, tetapi pada yang jantan ekor lebih menarik panjang menjurai, gemerlap, melengkung, berujung tajam pada bulu ekor.

• Ayam Kedu
Ayam Kedu berasal dari Indonesia, merupakan salah satu jenis ayam local unggul yang telah diakui kehebatannya oleh peternak ayam. Karakteristik ayam ini antara lain lebih tahan terhadap beberapa penyakit, pertumbuhan cepat, produktivitas telur tinggi, serta mudah beradaptasi dengan lingkungan.

• Ayam pelung
Ayam Pelung ditemukan pertama kali di desa Bunikasih, Jambu Dipa, Jawa Barat. Ayam Pelung banyak dipelihara sebagai unggas klangenan (hias) karena kokoknya merdu dan nyaring. Unggas yang merupakan salah satu plasma nutfah ternak Indonesia ini pada awalnya hanya dikenal dan berkembang di daerah Jawa Barat, namun kemudian telah berkembang ke seluruh pulau Jawa, dan bahkan di luar pulau Jawa. Bobot pejantan dewasa 3,5-5.5 kg, betina 2,5-3.5 kg Produksi telur 39 - 68 butir / periode. Bobot telur 40-70 gram/butir. Induk mulai bertelur umur 6 - 7 bulan Dengan pemeliharaan semi intensif maupun intensif pelung dapat dikembangbiakan sebagai ayam petelur dan pedaging. Ciri-ciri fisik ayam pelung, antara lain : warna bulu beragam, campuran warna hitam, merah dan kuning; warna kulit : kuning – pucat; bentuk tubuh ayam jantan bulat memanjang, sedangkan ayam betina lebih lonjong; bentuk kaki tegak dan agak panjang; jengger tebal, tegak, berwarna merah cerah, jengger tunggal pinggirnya bergerigi nyata; pada ayam betina jengger tidak berkembang dengan baik; wajah merah berisi.

Ayam Pelung mempunyai perdagingan yang tebal, serta perototan dengan ukuran lebih besar dibandingkan dengan ayam buras lainnya. Mempunyai kaki yang kokoh, sisik kaki lebih kasar dan taji yang kuat (pada jantan).Mempunyai suara yang merdu dan panjang serta bergelombang. Bila sedang berkokok, leher dilengkungkan ke bawah terkadang hingga menyentuh tanah. Mempunyai sifat dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada daerah dengan ketinggian 500-1500 m di atas permukaan laut.
Perkembangan Berat Badan Ayam Pelung :
Umur 4 minggu 161 gram
Umur 8 minggu 370 gram
Umur 12 minggu669 gram
Umur 16 minggu1165 gram
Umur 20 minggu 668 gram
(C. Creswell dan B. Gunawan.1982)

Pemeliharaan ayam Pelung dengan kandang berbentuk postal. Ayam jantan yang sudah mulai bersuara dimasukkan ke dalam''ajeng'', yaitu kandang khusus yang diletakkan 2 meter di atas tanah. Hal ini dimaksudkan agar suaranya terdengar lebih jauh. Pemeliharaan ayam betina dan anak-anaknya dilakukan seperti halnya pemeliharaan ayam buras lainnya. Makanan khusus, diberikan pada ayam jantan yang telah bersuara baik. Sesekali diberikan makanan tambahan berupa cincangan anak katak hijau, cincangan belut, ikan-ikan kecil dan untuk mempermulus suaranya diberikan mentega dan pisang siam. Secara khusus ayam jantan yang bersuara baik, perlu diberikan perawatan khusus dengan memandikannya sekali seminggu.

• Ayam kampung
Ayam kampung berukuran kecil dan bentuknya agak ramping. Berat badannya mencapai 1,4 kg pada umur 4 bulan, dan produksi telurnya mencapai 135 butir/tahun. Jenis ini memiliki bulu warna putih, hitam, coklat, kuning kemerahan, kuning, atau kombinasi dari warna-warna tersebut. Ayam jantan memiliki jengger yang bergerigi dan berdiri tegak, serta berukuran agak besar. Pada ayam betina jenggernya kecil, tebal, tegak, dan berwarna merah cerah. Ayam jantan memiliki pial yang berukuran sedang dan berwarna merah cerah, sedangkan betina memiliki pial(gelambir) sangat kecil dan berwarna merah cerah. Warna kulit kuning pucat, muka merah, kaki agak panjang dan kuat. Jenis ayam kampung merupakan tipe ayam dwiguna, yaitu dapat diusahakan untuk pedaging ataupun petelur.


Daftar Pustaka
Agung, Septyadi. 2007. www.xeis-usept.blog.friendster.com. Diakses pada 16 November 2010
Anonim, 2009. Ayam, Bebek atau Menthog, Telur atau Daging?. www.natural-veterinary.blogspot.com/2009/03/laporan-tutorial-up-2-blok-2.html diakses pada 16 November 2010
Anonim 2, 2009. www.akademik.unhas.ac.id/ lms/inherent/Pengan tar%20Ilmu%20Peternakan/unggas/burung_merpati.html. Diakses pada 16 November 2010
Kholis, Syahrur. 2009. Ayam Arab dan Poncin Petelur Unggul. Jakarta: Agomedia
Listyowati. 1992. Puyuh Tata Laksana Budi Daya Secara Komersial. Jakarta: PS
Mahiyanto, Bambang.1996. Budidaya Bebek Darat. Surabaya: Gita Media Press
Nugroho, Wendharta. 1992. Beternak Itik Tegal Secara Populer. Semarang: Eka Offset
Riyadi, Slamet. 2009. Istilah dalam Bidang Perunggasan. www.slamet-riyadi03.blogspot.com/2009/05/istilah-dalam-bidang-perunggasan.html. Diakses pada 16 November 2010
Sarwono, B. 2005. Beternak Ayam Buras. Depok: Penebar Swadaya
Wibowo, Setyo. 1996. Petunjuk Berternak Ayam Buras. Surabaya: Gita Media Press
Yuwanta, Tri. 2004. Dasar Ternak Unggas. Yogyakarta: Kanisius

20 komentar:

CemePoker mengatakan...

BONUS NEW MEMBER 20%

CemePoker yaitu perwakilan Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan bermacam macam tidak sedikit game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan yang merupakan delegasi judi poker bersama rating win tertinggi.
Cemepoker menjamin 100% keamanan para membernya pula pemain Poker beta dipastikan 100% Player VS Player.
jangan silap nantikan pemberian merampas setiap bulannya dan ganjaran referal seusia pandangan hidup

Baca juga :
artikel poker

Ayo main sekarang di www.cemesamgong.com

DewaZeus mengatakan...

PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

DewaZeus adalah partner dari situs ZeusBola, yang merupakan agen mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di situs judi online.

Yang Merupakan Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man bagi beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

main judi pakai pulsa

Ayo daftar sekarang di dewazeus.pw

Poker Online mengatakan...

===> BONUS DEPOSIT HARIAN <===

DONACOPOKER merupakan web judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan resmi dalam menyediakan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan dapat bermain dengan para pemain dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

=== 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/langkah-memperoleh-jackpot/
https://www.pokerdonaco.org/poker-online/bonus-poker-online-terbaru-2019/
https://www.pokerdonaco.org/poker-online/link-alternatif-poker-online-terbaru-2019/

Ayo join sekarang di DonacoPoker.net

BolaZeus mengatakan...

DEPOSIT BISA VIA OVO!

Perizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa layanan kepada pembukaan akun permainan judi atau taruhan online buat kamu di delegasi judi online yang berderajat International, berlaku dan terpercaya hanya di http://104.248.148.252/.

Sebagai Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.

https://bolazeus.info/2019/01/03/bermain-judi-online-terpercaya-menggunakan-deposit-via-pulsa/
https://bolazeus.info/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
https://bolazeus.info/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

Atau nonton basket disini :
nonton basket online

Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

Doyan Main mengatakan...

Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
- Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
- Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
- BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
- BONUS KEJUTAN LAINNYA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Pokervita mengatakan...

Perjudian sudah sangat maju dan berkembang di Indonesia dengan berbagai permainan terpopuler di Indonesia. Salah satu permainan terpopuler di Indonesia adalah game kartu bandarQ. Saat ini game bandarq Deposit Via LinkAja telah dapat dilakukan oleh para pemain yang menggunakan aplikasi linkaja. Aplikasi dompet digital saat ini memang sedang menjadi trend modern dalam hal transaksi judi online.

http://167.71.214.170/
Texas Poker
Judi Poker
Sakong Online
Judi Deposit Pulsa
Bandar66 Online

Kontak Pokervita
Livechat Pokervita
WA: 08122222996
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker

Doyan Main mengatakan...

Permainan Sportsbook Paling Lengkap ada di Winning303
SBOSports - iSports - CSports - OSports

Dapatkan odds dan pertandingan paling update di dalamnya...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Live Casino
2. Poker
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Menang Berapapun Akan Kami Bayar Bosku...!!

Hubungi Kami di :
Customer Service 24 Jam
WA: +6287785425244

sifabella mengatakan...

LIVECHAT : Klik >>>>>>> Winning303

Sabung ayam Sv388 bersama winning303.
Menang 7x dapat bonus sampai 5.000.000 WOW
Mari bergabung dan nonton pertandingan LIVE anda bersama kami langgsung dari HP anda.

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID... LIVECHAT : Klik >>>>>>> WINNING303
1. Sportsbook
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR... LIVECHAT : Klik >>>>>>> Daftar
Hanya di Winning303...


Info hub
WA : 087785425244
LIVECHAT : Klik >>>>>>> Daftar

AGEN ZEUSBOLA mengatakan...

Bandar Judi Online Terpercaya, Teraman Dan Ternyaman di Indonesia

Menyediakan Transaksi Via :
• All Bank Lokal Indonesia
• PULSA ( Via Transfer Pulsa, M-Kios, Alfamart , Indomaret & Jasa Lainnya )
• BTPN JENIUS
• OVO
• DANA
• GOPAY
• LINKAJA
• SAKUKU
• PAYPRO

Kami Juga tersedia permainan lain nya seperti :

BOLA / SBOBET,ICBET,CMD368, MAXBET, SONG88, UBOBET
Live Casino
Slot Aztec Gems Deposit Pulsa Tanpa Potongan
Situs Joker123 Deposit BTPN Jenius Terpercaya Di Indonesia
IDNPOKER ONLINE
S128 SV388 Sabung Ayam Online
Daftar Fafaslot Deposit BTPN Jenius Teraman di Indonesia
➡ Balap Tikus
➡ Tangkas Net

Contact Person Us :

➡ Whatsapp : +6281333555996
Whatsapp Resmi Bandar Judi Online Deposit Pulsa

Link Alternatif : Zeusbola

Mr Sam .. mengatakan...

Winning303

PENAWARAN PROMOSI:
Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam
6. Poker IDN

Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

• Bonus new member 20%
• Bonus Next Deposit 10%
• Bonus rollingan poker sampai 0,5%
• Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
• Bonus Cashback 5-10 %
• Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA:+6287785425244

susuultra019 mengatakan...

Dapatkan berita seputar ayam hanya di rajasabungs128

msmcalista mengatakan...

Kalah terus bermain judi online? Cari Situs Dengan bonus cashback terbesar? Yuk dicoba gabung bersama kami MuseumAyam Situs Judi Online Terpercaya Dengan bonus cashback tertinggi up hingga 10% !!
Berlaku untuk semua pemain yang kalah minimal 200rb dalam 1 periode (Senin - Minggu). Transaksi mudah dan tidak ribet proses secepat kilat menyambar !!

Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
* Semua Bank Lokal Indonesia
* Pulsa Tanpa Potongan
* OVO
* Gopay
* Dana
* Linkaja

PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
* BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
* BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
* BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
* BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
* BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
* BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

Agen Togel Sidney
Museumbola Slot Pulsa
Sabung Ayam sv388
Museum Toto
Obati Ayam Bangkok Aduan Yang Terserang Penyakit Tetelo

Contact Resmi MuseumAyam --> [url]https://linktr.ee/museumbola[/url]
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

MEME MESUM mengatakan...

MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE

==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT ]
==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]

BURUAN JOIN YA BOSKU ^^
WA : +62822-6793-2581

AGEN JUDI POKER VIA PULSA
SABUNG AYAM S128
MUSEUM AYAM

susuultra019 mengatakan...

Jadwal 14 Agustus Sabung S128

Doyan Main mengatakan...

Suka bermain Slot?
mau bonus 100% dari total deposit anda?
Tentu mau dong.mari join bersama kami di WINNING303

Dapatkan bonus 100% langgsung untuk permainan Slot yang kamu mainkan

Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

- WA : +6287785425244

Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop

moris mengatakan...


Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

WHATSAPP : +6281333555662

MBO128NET mengatakan...

Bandar Togel Terpercaya
SITUS TOGEL TERBAIK
AGEN TOGEL TERBAIK 2021
Bandar Togel Indonesia
Situs Agen Togel Terbaik
SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

MBO128 SITUS GAME SLOT ONLINE TERBAIK 2021

PROMO BONUS NEW MEMBER 50%
Periode 15 - 26 Feb 2021

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR TOGEL ONLINE

Minimal DEPOSIT Rp.25.000
Minimal TARIK DANA Rp.50.000

KONTAK :
WhastApp: 0852-2255-5128

msmcalista mengatakan...

Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

9 Permainan Dalam 1 Akun
* Poker
* DominoQQ
* Bandar Ceme
* Ceme Keliling
* Capsa Susun
* Super10
* Omaha
* Blackjack
* Superbull

Promo Terbaru MuseumPoker
- Bonus Deposit Harian
- Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
- Bonus Deposit New Member 20%
- Bonus Mingguan 0.5%
- Bonus Jackpot

Daftar Poker Online

Kontak Resmi
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Situs IDN Poker Online Deposit Terlengkap Hanya 10 Ribu

Link Daftar Agen IDN Poker Terbaik dan Terpercaya 2021

Mr Sam .. mengatakan...

Hasil Togel Terbaru


Winning303

PENAWARAN PROMOSI:
Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi ..

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
WA:+6287785425244

Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

Mr Sam .. mengatakan...

Result TOgel

Winning303

PENAWARAN PROMOSI:
Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
Website : http://165.227.54.5/register?ref=192425
WA:+6287785425244

Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

Posting Komentar

 
© 2009 Diary Veteriner | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan