Jenis Hewan Eksotik

1. Jelaskan pengertian hewan eksotik?
Hewan eksotik dapat diartikan adalah salah satu jenis hewan liar yang dijadikan hewan kesayangan karena memiliki bentuk yang bagus, unik dan menarik sehingga orang memelihara hewan tersebut untuk kesenangan atau kepuasan yang memelihara. Semua hewan eksotik hanya dapat dijual jika disertakan petunjuk tentang dasar pemeliharaannya yang tepat.

Kriteria hewan yang dapat dijadikan hewan eksotik adalah :
• Hewan yang memiliki keunikan baik itu dalam suara, bentuk tubuh, ataupun bulunya yang dapat menimbulkan rasa kepuasan bagi pemilik yang memelihara hewan tersebut.
• Hewan eksotik merupakan hewan liar yang sengaja untuk didomestikasikan
• Merupakan hewan liar yang dapat diperjual belikan dan bukan merupakan hewan yang dilindungi oleh undang – undang.
• Hewan ini adalah hewan liar yang dijadikan hewan kesayangan (Anonim. 2009).

2. Sebutkan contoh, taksonomi, ciri-ciri dan tingkah laku hewan dari kelas aves, pisces, manusia, amphibia, reptilia yang termasuk dalam hewan eksotik?
  • Aves
Aves merupakan kelas tersendiri dalam kingdom animalia, aves atau burung memiliki ciri umum yaitu berbulu dan kebanyakan diantara mereka bisa terbang. Kelas aves adalah satu-satunya kelompok hewan yang memiliki bulu. Hal ini merupakan keunikan tersendiri dari kelompok hewan tersebut. Berikut adalah uraian singkat tentang kelas aves (Anonim. 2009).

Berikut ini adalah uraian singkat tentang beberapa jenis burung.
a. Burung Murai Batu
Taxonomi:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Muscicapidae
Genus: Copsychus
Spesies: C. malabaricus
• Ciri morfologi: Hidup di permukaan tanah, bersarang di semak, ekor lebih panjang daripada panjang tubuh, jumlah bulu ekor 12 ( 8 putih, 4 hitam, 2 teratas terpanjang, 2 dibawahnya terpendek, Panjang tubuh jantan 28 cm, betina 22 cm.
• Penyebaran di Sumatra, jawa, Kalimantan.
• Makanan: serangga

b. Burung Tekukur
Taxonomi:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Columbiformes
Famili: Columbidae
Genus: Streptopelia
Spesies: S. chinensis
• Ciri morfologi: Panjang 33-35 cm, tengkuk hitam berbintik putih, punggung coklat muda, penutup sayap kelabu, perut / dada merah coklat, ekor 3 lembar luar hitam ujung putih, iris mata merah, paruh coklat, tungkai merah, badan lebih kecil.
• Penyebaran di asia tenggara.
• Pakan biji-bijian

c. Kakatua Raja (Probosciger Atterimus)
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Psittaciformes
Famili: Cacatuidae
Genus: Probosciger
Spesies: P. aterrimus
• Ciri mofologi: Berasal dari Irian dan Australia, Bulu tubuh dan jambulnya berwarna hitam serta pipi berwarna merah tua, ukuran tubuh antara 55-70 cm.
• Makanan biji-bijian.

d. Nuri Bayan (Electus Roratus)
Taxonomi:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Psittaciformes
Famili: Psittacidae
Genus: Eclectus
Spesies: E. roratus
• Ciri morfologi: Burung ini berukuran 35 cm, pada jantan warna dominanya hijau dengan sedikit bercak merah pada bagian sayap sebelah dalam. Sementara burung betina warna utamanya merah dengan atau tampak bercak ungu pada bagian dada serta kuning pada bagian ujung ekor.
• Makanannya biji-bijian.

  • Reptil
Reptil merupakan hewan vertebrata melata yang sudah beradapatasi dilingkungan darat sehingga kulitnya kering, bersisik dari zat tanduk, dan umumnya tidak memiliki kelenjar lendir. Bernafas dengan menggunakan paru – paru , jantung terdiri dari dua atrium dan dua ventrikel, sel darah merahnya berinti. Umumnya reptilia ovipar dan ada juga yang ovovivipar (Anonim. 2009).

a. Ular
Ular Jinak seperti ular pelangi dan ular mono pohon adalah ular yang tidak menggigit, tidak berbisa, dan tidak agresif sehingga cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Salah satu keistimewaan memelihara ular adalah kemudahan dalam perawatannya, dimana hanya membutuhkan kandang sederhana, misal aquarium ukuran kecil atau sedang, serta makan hanya cukup seminggu sekali. Uraian singkat tentang jenis-jenis ular yang biasa dipelihara adalahsebagai berikut.

Ular Pelangi
Taksonomi:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Upaordo: Serpentes
Superfamili: Henophidia
Famili: Xenopeltidae
Genus: Xenopeltis
Spesies: X. unicolor
• Ciri morfologi: Ular ini dijuluki nama pelangi karena lapisan transparan pada sisiknya membiaskan warna-warni seperti pelangi cahaya matahari. Sisi atas tubuh (dorsal, punggung) berwarna coklat atau abu-abu kehitaman, merata (unicolor: berwarna seragam) dan berkilauan apabila terkena cahaya. Sisik-sisik dorsal dalam 15 deret. Deret terbawah berwarna putih, beberapa deret berikutnya seperti warna punggung umumnya namun dengan tepian berwarna putih. Sisi bawah tubuh (ventral) putih (Saifulloh, Kholid. 2009).
Ular yang masih muda dengan kepala dan leher yang berwarna putih, kecuali moncongnya yang kecoklatan. Warna putih ini berangsur-angsur menghilang bersama dengan bertambah besarnya sang ular. Panjang sekitar 80cm - 130 cm.
Ular pelangi termasuk golongan ular yang tidak berbahaya. Ular ini tidak berbisa dan biasanya tidak mau menggigit ketika ditangkap. Tatkala baru terpegang, ular pelangi kerap menggetarkan ekornya kuat-kuat. Ular ini juga mengeluarkan cairan berbau memualkan seperti bau bawang putih yang keras untuk mengusir musuhnya. Dikalangan penggemarnya ular ini dikenal sangat kalem, cocok bagi pemula, tidak menggigit.
• Makanannya adalah anak katak atau katak kecil, ikan kecil, kadal, bahkan tikus putih juga mau, memberi makan cukup seminggu sekali atau dua kali dalam seminggu. Anda bisa memeliharanya dalam aqurium yang beralaskan kertas koran, dan senantiasa jaga terus kebersihannya.

b) Iguana
Taksonomi
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Squamata
Family : Iguanidae
Genus : Iguana
Spesies : Iguana iguana
Iguana memiliki penglihatan yang baik dan bisa melihat bentuk, bayangan, warna, dan gerakan pada jarak yang jauh. Iguana menggunakan matanya untuk mengarahkannya mengarungi hutan lebat, untuk menemukan makanan. Mereka juga menggunakan matanya untuk berkomunikasi dengan anggota spesies yang sama.
Mereka merespon rangsangan visual berupa warna seperti jingga, kuning, merah muda, dan biru yang terdapat pada substansi makanan mereka.
Telinga iguana disebut timpanum, yang merupakan gendang telinga iguana dan terdapat di kanan atas selubung subtimpani dan di belakang mata. Ini adalah bagian tubuh iguana yang amat tipis dan lembut, dan amat penting untuk pendengarannya.
Mereka sering kali sulit untuk diketahui keberadaannya karena kemampuan mereka untuk menyatu dengan lingkungannya. Warna hijau alaminya sangat membantu dalam menyembunyikan dirinya dari predator.

c. Amphibi
Amfibi merupakan jenis hewan yang dikelompokan karena dapat hidup di dua alam yaitu di daratan dan di air, pada amfibi belum mempunyai pusat pengatur suhu tubuh dan dipengaruhi oleh keadaan diskekelilingnya.
Taksonomi Amfibi:
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Amphibia
Ordo : Anura (Anonim. 2009).

Kodok Sawah (Rana Cancrivora)
Taksonomi
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Amphibia
Ordo: Anura
Famili: Ranidae
Genus: Fejervarya
Spesies: F. cancrivora
Ciri-ciri : Banyak ditemukan di sawah-sawah, dapat tumbuh mencapai 10 cm, warna tubuhnya bercak-bercak coklat tua yang terdapat pada bagian punggung dari depan ke belakang, berbeda dengan kodok hijau, jika berjongkok kodok sawah akan tampak seperti rata dengan tanah, jika diiris kulitnya, dagingnya akan berwarna putih, makananya pada waktu berudu pemakan segala (omnivora), pada waktu dewasa menjadi carnivora.

Salamander
Taksonomi
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Amphibia
Ordo : Caudata
Family : Plethodontidae
Genus : Plethodon
Spesies : Plethodon cinereus
Salamander Kerdil Notrotriton
Salamander ini berasal dari kosta rika, Panjang tubuhnya hanya sekitar 2,5 centimeter dari ujung kepala hingga ekor. Salamander memangsa serangga dan cacing. Hidupnya banyak dihabiskan di air atau daerah yang lembab. Pada musim panas, mereka melakukan hibernasi (tidur panjang).

  • Pisces
Pisces merupakan hewan vertebrata tertua yang telah hidup di bumi lebih dari 5000 juta tahun lalu. Meliputi sekitar 24.000 spesies. Habitatnya di air laut, air tawar dan air payau. Cara bernafas dengan menggunakan insang, merupakan hewan berdarah dingin.
Adapun taksonomi dari Pisces yaitu:
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Chondrichthyes/Elasmobranchii (Bertulang rawan)
Osteichthyes/Teleostei (Bertulang sejati) (Anonim. 2009).

Ikan Betta
Taksonomi
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Anabantids
Ordo : Percomorphoidei
Family : Anabantidae
Genus : Betta
Spesies : Betta spendens
Ciri-ciri : Gemar adu jotos, bentuknya memanjang agak pipih dan ramping, sirip-siripnya indah terutama yang jantan Karena kombinasi warnanya serasi dan cemerlang. Memiliki tempramen yang meledak, namun demikian ia tergolong ikan sentimental terlebih bila menghadapi keturunanya, selalu menyiapkan busa pada akar tanaman sebelum mengajak betina yang bertbuh lebih jelek untuk kawin, betina suka memangsa anaknya. Strain yang disukai penggemar antara lain :
A. Siamese Fighting Fish : berukuran 5-6 cm, warna merah, hijau, biru dan kombinasi dari warna tersebut.
B. Split-Tailed Betta : Panjangnya 7,5 cm, berwarna sama dengan Siamese fighting fish.
C. Libby Betta : panjangnya 10 cm, warnanya sama dengan Siamese fighting fish (Lingga,dkk. 1999).

Ikan Arwana
Taksonomi
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Family : Osteoglossidae
Genus : Scleropages
Spesies : Scleropages formosus
Ikan arwana memang eksotis. Bentuk tubuhnya yang gagah, dan warna sisiknya yang mempesona membuat ikan ini banyak digemari orang. Apalagi banyak juga yang meyakini, ikan arwana merupakan ikan keberuntungan. Salah satu jenis ikan arwana unggulan adalah arwana super red. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.(Azhari,2008)
Ikan arwana atau Arwana Asia(Scleropages Formosus) adalah salah satu ikan paling favorit di dunia. Dengan ketahanan fisik yang kuat, harga yang mahal dan pecinta arwana yang ada dimana-mana menjadikan arwana menjadi ikan legenda. Nah arwana juga tidak luput dari komoditi bisnis. Banyak pecinta arwana yang berinvestasi dengan cara membeli arwana ketika masih kecil dan menjualnya ketika sudah besar dengan keuntungan hingga 10X lipat hanya dalam waktu 1 tahun (Anonim 2. 2009).

e. Mamalia
Mammalia merupakan hewan yang memiliki kelenjar susu atau kelenjar mamae, tubuhnya diselubungi oleh rambut, bereproduksi dengan vivipar atau beranak kecuali pada Ornithorynchus yang bereproduksi dengan cara ovovivipar, sistem peredaran darahnya terdiri dari jantung dan pembuluh – pembuluh darah, emmepunyai anus , daun telinga, dan giginya umumnya terdapat 4 tipe yaitu gigi seri, taring , graham dan gigi depan, anggota gerak depan bermodifikasi untuk berlari, menggali lubang, berenang atau terbang.
Taksonomi mammalian:
Kingdom : Animal
Phylum : Chordata
Subphylum : Vertebrata
Class : Mamalia
Order : 20 order;
Monotremata, Marsupialia, Insectivora, Macroscelidia, Dermoptera, Chiroptera, Pholidota, Scandentia, Primates, Rodentia, Cetacea, Carnivora, Proboscidea, Hyracoidea, Sirenia, Perissodactyla, Artiodactyla, Xenarthra, Lagomorpha, Tubulidentata (Anonim. 2009).

Kelinci
Taksonomi:
Kerajaan: Animalia
Superfilum: Chordata
Filum: Vertebrata
Kelas: Mammalia
Ordo: Lagomorpha
Famili: Leporidae
Merupakan hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Kelinci sering diasosiasikan dengan paskah.Kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya Angora, miniLop, Dutch, Giant, lyion dan lain-lain. Khusus lyion sebenarnya adalah silang luar dari jenis Angora dengan jenis lain, namun dikalangan peternak kelinci hias disebut sebagai lyion atau angora jadi-jadian. Di Indonesia, peternakan kelinci dibagi dua yaitu peternakan daging dan hias.Kelinci Belang Sumatra (Nesolagus netscheri) hanya ada di Sumatra, Indonesia. Namun sayang, kelinci ini sudah terancam punah.

Hamster
Taxonomi:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Rodentia
Famili: Cricetidae
Hamster merupakan hewan mamalia yang termasuk orodo Rodentia yang berasal dari bahasa latin “rodere” gan bahasa inggris “to gnaw”. Hamster termasuk dalam keluarga Cricetidae terbagi dalam berbagai golongan termasuk Phodus, Cricetulus, dan Calomyscus.Hamster merupakan hewan yang aktiv pada malam hari, sehingga hamster terlihat tertidur pada siang hari meskipun demikian bukan berarti hamster tidak beraktifitas sama sekali pada siang hari. Hamster merupakan hewan yang sangat waspada, mereka akan terganggu walaupun dengan gerakan yang sangat kecil.


3. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memelihara hewan eksotik?
a) Mengetahui habitat dari hewan eksotik yang akan di pelihara
b) Mengetahui Pakan dari hewan eksotik yang akan di pelihara
c) Mengerahui tingkah laku dari hewan eksotik yang akan dipelihara

4. Apa saja syarat hewan eksotik yang dapat dijadikan hewan peliharaan?
a) Tidak dilindungi
b) Tidak buas dan dapat dijinakkan
c) Tidak rentan terhadap hama penyakit

Daftar Pustaka
Anonim. 2009. Memilih Hewan Kesayangan. http://natural-veterinary.blogspot.com/2009/03/laporan-tutorial-up-4-blok-2.html. Diakses pada 7 Desember 2010
Anonim 2. 2009. Ikan Arwana. http://arwana.info/arwana/ikan-arwana/. Diakses pada 7 Desember 2010
Anonim 3. 2009. The Iguana Species. http://www.petiguanacare.com. Diakses pada 7 Desember 2010
Azahari, Helmi. 2008. Sukses Membudidayakan Ikan arwana. http://ikanmania.wordpress.com. Diakses pada 7 Desember 2010
Lingga,dkk. 1999. Ikan Hias Air Tawar. Jakarta : Penebar swadaya
Saifulloh, Kholid. 2009. Jual Reptil Ular Jinak Phyton,Sanca,Ular Boa Mono Pohon,Pelangi,Ular Janur,Ular Sawah. http://www.ular-jinak.co.cc/ . Diakses pada 7 Desember 2010

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Diary Veteriner | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan