1. Apa yang dimaksud dengan TCl dan SCl?
Sedangkan SCL atau Student Centered Learning adalah suatu sistem pembelajaran yang berpusat pada peserta didik atau mahasiswa, dimana mereka dituntut lebih aktif dan mandiri. Dengan metode yang memusatkan kegiatan pada peserta didik untuk selalu belajar mengajar, peran guru atau dosen dalam pembelajaran SCl bergeser dari semula menjadi seorang pengajar atau teacher menjadi mitra pembelajaran atau fasilitator.
2. Apa keuntungan dan kerugian dari TCl dan SCl?
• Kerugian
• Kerugian
3. Bagaimana cara penerapan 7 Jump?
Penerapan 7 Jump dalam diskusi dikelompok kecil pada PBI adalah sebagai berikut :
4. Sebutkan sumber-sumber informasi yang dapat dijadikan sumber pembelajaran.
Berikut ini adalah sumber-sumber informasi yang dapat dijadikan sumber pembelajaran:
5. Apa semua sumber informasi tersebut bisa digunakan sebagi sumber pembelajaran?
Tidak untuk dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran suatu media pembelajaran harus relevan, baik dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sumber informasi yang didasarkan pada penelitian dan mempunyai validasi yang tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
- Harsono. 2004. Pengantar Problem-Based Learning. Yogyakarta : Medika Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
- Sumiarto, Bambang. 2009. Teacher Centered Learning and Student Centered Learning. Presentasi Kuliah Tanggal 24 Agustus 2010. Fakultas Kedokteran Hewan UGM
- Imambror.2009.http://imambror.wordpress.com/ 2009/11/11/ scl-dan-pbl.24 Agustus 2010
- Setiadji, Andi.2010.http://mediavet.blogspot.com/2010-03-01-archive.html. 24 Agustus 2010
- Zulharman.2007.http://zulharman 79.wordpress.com/2007/07/15/problem-based-learning-pbl-24 Agustus 2010
TCl atau Teacher Centered Learning adalah suatu sistem pembelajaran yang berpusat pada dosen atau pengajar, sehingga pengajarlah yang aktif dan mengendalikan sepenuhnya bahan ajar dan irama pembelajaran. Pada sistem pembelajaran ini, peserta didik hanya menerima informasi dari apa yang diberikan oleh guru atau dosen, maka peserta didik relatif bersikap pasif
Sedangkan SCL atau Student Centered Learning adalah suatu sistem pembelajaran yang berpusat pada peserta didik atau mahasiswa, dimana mereka dituntut lebih aktif dan mandiri. Dengan metode yang memusatkan kegiatan pada peserta didik untuk selalu belajar mengajar, peran guru atau dosen dalam pembelajaran SCl bergeser dari semula menjadi seorang pengajar atau teacher menjadi mitra pembelajaran atau fasilitator.
2. Apa keuntungan dan kerugian dari TCl dan SCl?
- Teacher Centered Learning (TCl)
- Pengajar atau dosen dapat memberikan banyak informasi dalam waktu yang singkat
- Pengajar dapat mengendalikan sepenuhnya bahan ajar dan irama pembelajaran
- Merupakan mimbar utama bagi pengajar dengan kualifikasi pakar
• Kerugian
- Rendahnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran, dikarenakan pengajarlah yang lebih aktif dan mengendalikan sepenuhnya bahan ajar dan irama pembelajaran
- Mendorong pembelajaran menjadi pasif, karena tidak merangsang mahasiswa untuk mengemukakan pendapatnya
- Suasana tidak optimal untuk pembelajaran secara efektif dan mandiri
- Student Centered Learning (SCl)
- Karena pembelajaran berpusat pada mahasiswa, sehingga mahasiswa menjadi lebih aktif
- Mendorong mahasiswa untuk mencari lebih banyak informasi dari berbagai sumber
- Mendorong pembelajaran secara aktif dan berpikir kritis
- Mengenalkan hubungan antara ilmu pengetahuan dengan kehidupan nyata
- Mengembangkan sifat kreatifitas dan kemampuan mahasiswa dalam pemecahan beberapa masalah
- Akan berkembangnya karakter mahasiswa (life-long learning)
- Kualitas lulusan akan lebih kreatif, inovatif dan selalu memecahkan masalah tidak secara tekstual melainkan secara konstekstual
- Melatih tanggung jawab kepada para mahasiswa
- Pemanfaatan teknologi informasi yang efisien dan efektif
- Mahasiswa akan mempunyai sifat kooperatif, kolaboratif dan suportif
- Cukup menyenangkan bagi mahasiswa dan tutor dan prosesnya membutuhkan partisipasi seluruh mahasiswa dalam proses pembelajaran
• Kerugian
- Memerlukan waktu pembelajaran yang lebih lama
- Tidak sesuai dengan beberapa jenis kurikulum
- Tidak cocok untuk mahasiswa yang pasif
- Jumlah pengajar yang diperlukan dalam proses tutorial lebih banyak dari pada sistem konvensional
- Banyak mahasiswa yang ingin mengakses perpustakaan dan komputer dalam waktu bersama
- Sulit diimplementasikan pada kelas besar
3. Bagaimana cara penerapan 7 Jump?
Penerapan 7 Jump dalam diskusi dikelompok kecil pada PBI adalah sebagai berikut :
- Langkah 1) Membaca skenario dan memahami istilah-istilahnya. Pada langkah ini salah satu anggota diskusi membacakan sebuah skenario, apabila tidak ada yang mengajukan diri, ketua akan menunjuk salah satu anggotanya untuk membaca. Peserta diskusi menanyakan kata-kata sulit yang belum dia pahami kemudian secara bersama-sama diuraikan dan dijelaskan oleh anggota lain, sehingga semua anggota kelompok memiliki pandangan yang sama pada skenario.
- Langkah 2) Menentukan kata kunci dan masalah. Para peserta diskusi mencari kata kunci yang mengarah pada permasalahan, kemudian diubah dalam bentuk pertanyaan. Pertanyaan masalah hendaknya memuat kata kunci
- Langkah 3) Brain Storming, anggota kelompok mendiskusikan dan menjelaskan masalah tersebut berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki (prior knowledge)
- Langkah 4) Menganalisis masalah semua pendapat dan hipotesis yang dikemukakan oleh anggota kelompok dalam langkah 3 dibahas secara mendalam dan dianalisis secara sistematik. Selain itu, pada tahap ini peserta diskusi juga membuat skema pembelajaran.
- Langkah 5) Menentukan tujuan pembelajaran atau learning objective. Pertanyaan, masalah ataupun kata-kata yang tidak dapat dijelaskan oleh anggota kelompok, ditetapkan sebagai learning objective.
- Langkah 6) Mengumpulkan informasi. Mahasiswa mencari informasi yang berhubungan dengan learning objective.
- Langkah 7) Membahas informasi yang diperoleh dan bertanya untuk menjawab permasalahan dalam skenario (Bambang, 2009)
4. Sebutkan sumber-sumber informasi yang dapat dijadikan sumber pembelajaran.
Berikut ini adalah sumber-sumber informasi yang dapat dijadikan sumber pembelajaran:
- Dari buku yang terdapat diperpustakaan atau toko-toko buku.
- Penjelasan dari guru atau dosen.
- Dari dunia maya atau internet.
- Praktikan-praktikan.
5. Apa semua sumber informasi tersebut bisa digunakan sebagi sumber pembelajaran?
Tidak untuk dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran suatu media pembelajaran harus relevan, baik dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sumber informasi yang didasarkan pada penelitian dan mempunyai validasi yang tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
- Harsono. 2004. Pengantar Problem-Based Learning. Yogyakarta : Medika Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
- Sumiarto, Bambang. 2009. Teacher Centered Learning and Student Centered Learning. Presentasi Kuliah Tanggal 24 Agustus 2010. Fakultas Kedokteran Hewan UGM
- Imambror.2009.http://imambror.wordpress.com/ 2009/11/11/ scl-dan-pbl.24 Agustus 2010
- Setiadji, Andi.2010.http://mediavet.blogspot.com/2010-03-01-archive.html. 24 Agustus 2010
- Zulharman.2007.http://zulharman 79.wordpress.com/2007/07/15/problem-based-learning-pbl-24 Agustus 2010
2 komentar:
siip sekali
Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
Menghadirkan IG poker & IDN poker ....
Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
1. Texas Poker
2. Omaha Poker
3. Domino QQ
4. Ceme Keliling
5. Bandar Ceme
6. Capsa Susun
7. Bandar Capsa
8. BIG 2
Bonus New Member Slot 15%
Bonus New Member Poker 10%
Bonus New Member Sabung Ayam 10%
Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
Bonus Deposit 10% Setiap Hari
Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
Bonus Cashback 5-10%
Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
Diskon Togel Hingga 65%
Bonus Rollingan Slot 1%
Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%
Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303
Dapatkan juga berbagai macam Bonus menarik dalam bermain Poker bersama kami.
Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :
- WA : +6287785425244
Posting Komentar